Senin, 28 November 2011

MOJOSARI MUHARRAM


MOJOSARI MUHARRAM

Muharram adalah salah satu bulan di kalender Islam dan tahun islam itu disebut juga dengan tahun Hijriyah. Bulan Muharram ini adalah awal bulan tahun Hijriyah. biasanya awal bulan ini dirayakan seperti halnya dengan Tahun baru Masei yang ada di kalender masyarakat umum. Akan tetapi cara merayakannya sangatlah berbeda dan tiap daerah pun berbeda pula.

Cara yang biasa dilakukan mayoritas muslim dan sama yaitu berdoa akhir dan awal tahun. Akhir tahun berdoa ketika setelah sholat ashar. Dan awal tahun dimulai berdoa ketika setelah sholat maghrib. Masjid-masjid selalu menghidupkan tiap waktu ini dengan ritual tersebut bersama-sama dengan masyarakat sekitar. Setelah itu, barulah tiap daerah merayakan kembali dengan berbagai acara yang berbeda-beda sesuai dengan kepercayaan atau adat istiadat masing-masing.

Sekarang hanya satu daerah yang saya tampilkan, Mojosari, yang berada di kota Mojokerto.
Setelah berdoa dan ritual lainnya, di daerah ini merayakan dengan acara sunatan masal dan pawai atau karnaval di jalan sekitarnya. Acara tersebut diadakan tepat pada tanggal 01 Muharram 1433 H atau tanggal 27 November 2011 pukul 14.00-16.30 WIB. Penampilan dimeriahkan dari kalangan bawah sampai atas sebagai penyelenggara. Mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA. Disamping itu tak ketinggalan dari TPQ,TPA, masyarakat desa, kumpulan remaja masjid, kumpulan silat,dll. Yang paling menarik yaitu dari kumpulan para LAORA yang membuat mata penonton tertuju pada mereka. Nah, siapa itu LAORA? Mereka adalah perkumpulan dari para waria yang biasanya mempunyai bisnis salon. Maksud dari LAORA yaitu Lanang Ora wadon ORA.

Memang hanya perayaan biasa, tapi semangat masyarakat sangatlah mendukung. Itu bisa dilihat dari para penonton yang sangat membludak dan lebih banyak dari tahun kemarin. Meskipun situasi tak sepenuhnya mendukung, karena langit mulai menangis ketika pada pertengahan pawai. tapi bersyukur, hanya gerimis yang mengandung, heheheee..... Nah sekarang perayaan apa yang telah diadakan di daerahmu???

TAPAK SUCI KECIL
ISTIRAHAT DI JALANNNN
SUNATAN

MULAI GERIMISSS
LAORA
LAORA CANTIKKK............
PARA PENONTONNNN
DRUMBAND
PARA PENONTON MENUNGGU
DRUMBAND
MAYOREEEEEET
TPQ

DRUMBAND KECILL

DRUMBAND SMP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar