Minggu, 20 Mei 2012

Kode Alphabet Pada Komunikasi Radio dan Telepon / Operator


Pernahkah anda mendapati bahwa operator telepon di seberang sana mengulang nama anda dengan di eja berdasarkan huruf seperti ini? operator : saya ulangi ya pak, nama bapak Andre, Alpha, november, delta, romeo, Pelafalan huruf dalam komunikasi radio maupun telepon, seperti Alfa, Bravo, Charlie, dst., disebut sebagai international radiotelephony spelling alphabet.

Daftar kode spelling yang ada sekarang, diadopsi secara resmi pertama kali oleh ITU (International Telecommunication Union) pada tahun 1927. aircraft radio test Kualitas audio suatu alat komunikasi baik itu lewat kabel ataupun non-kabel (wireless) sangat tergantung kualitas media hantar dan kualitas audio dari alat komunikasi itu sendiri. Dalam komunikasi radio atau telepon, seringkali satu atau dua huruf yang terdengar mirip dalam pelafalannya. Contohnya bunyi lafal untuk huruf (D) “De” hampir mirip dengan bunyi lafal huruf (B) “Be” dan (G) “Ge”.

Untuk itulah dalam dunia komunikasi lewat udara, pihak yang terlibat dalam pembicaraan sering menggunakan kata/bunyi yang diawali oleh huruf yang dilafalkan. Hal ini pada awalnya dipergunakan dalam komunikasi radio antar personil militer dan untuk dunia penerbangan. Secara resmi disebut sebagai international radiotelephony spelling alphabet.


A=alfa,        B=bravo,         C=charlie,           D=delta,            E=echo,

F=foxtrot,    G=golf,            H=hotel,             I=india,              J=juliet,

K=kilo,        L=lima,            M=mike,            N=november,    O=oscar,

P=papa,       Q=quebec,      R=romeo,          S=sierra,            T=tanggo,

U=uniform,   V=victor,        W=whiskey,       X=xray,             Y=yankee,         Z=zulu,,,,

Jadi jangan terburu jenuh saat operator telepon mengeja informasi yang anda berikan dengan cara ini karena, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa informasi yang anda berikan sudah diterima dengan baik oleh operator tersebut. Yang pastinya akan berguna bagi anda sendiri karena informasi yang anda berikan tidak ada yang salah tulis.


sumber: http://kawulo-nyantrik.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar